AKU BEKERJA DI SINI AKU BERKARYA


Judul Buku        : AKU BEKERJA DI SINI AKU BERKARYA

Penulis               Noorlanyati


Sinopsis : 

Saya masih teringat waktu itu di tahun 2015 bulan April, Dinas Pendidikan Kota Semarang membuka seleksi guru PNS yang akan ditempatkan di sekolah yang akan dibuka pada tahun pelajaran baru 2015/2016. Seleksi terhadap guru yang akan ditempatkan di sekolah baru yaitu SMP Negeri 42 Semarang. Sekolah yang berada di lingkungan kampus SD RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) yang sekarang menjadi SD Negeri 04 Sendangmulyo Semarang. Seleksi calon guru dilakukan 2 tahap yaitu tahap seleksi administrasi pada bulan Mei 2015 dan tahap wawancara setelah lolos tahap I pada bulan Juni 2015. Seleksi dilakukan setelah mempertimbangkan calon guru yang mendaftar sebagai pengajar di sekolah yang baru akan dibuka itu sangat banyak melebihi dari target yang diharapkan.

Saya masih ingat saat seleksi waktu itu,  setelah lolos seleksi administrasi (tahap I) dilanjutkan tes tertulis dan tes wawancara (psikotest) oleh tim pengawas kota Semarang dengan beberapa pertanyaan yang bertujuan mengetahui sampai dimana kompetensi guru yang akan ditempatkan di sekolah baru, dalam mengelola institusi baru  dan bagaimana loyalitas seorang guru bila ditempatkan di sekolah dimana sarana prasarana belum memadai tapi harus berjalan dan menghasilkan siswa berkualitas baik akademik maupun nonakademiknya. Seleksi dilakukan cukup ketat dan bersaing.

Pada waktu itu saya diwawancarai oleh ibu Roch Mulyati dan bapak Sunaryo (keduanya Pengawas Kota Semarang) dengan pertanyaan yang tak terduga sebelumnya. Pertanyaannya adalah,  Bagamana cara kita bila kita bekerja (mengajar di sekolah baru yang minim fasilitas? Dari satu mata pelajaran diperebutkan lebih dari 3 orang calon guru, bahkan untuk mapel IPA ada 12 orang guru yang mendaftar. Dan Alhamdulillah, saya adalah salah satu guru dari sekian guru mapel yang diterima di SMP Negeri 42 Semarang mengalahkan 11 guru IPA lainnnya yang mendaftar pada waktu itu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jingga Di Langit Senja

Merajut Masa Depan

101 Bait Syair Rindu EAS & NK